Berita dan Gosip Selebritis

Jumat, 21 September 2012

AWAS!! Terlalu Sedikit Haid, Waspada Pengeroposan Tulang

detail berita
Sakit saat PMS (Foto: Corbis)
MENSTRUASI atau haid adalah awal (bukan akhir) siklus mentruasi. Hari pertama siklus menstruasi adalah waktu dimulainya perdarahan. Walaupun rata-rata siklus menstruasi berlangsung selama 28 hari, hanya ada beberapa wanita yang memiliki siklus teratur sesuai waktu ini. Siklus yang normal dapat berlangsung antara 21 dan 35 hari, bergantung pada hormon.
Bergantung pada sejauh mana ketidakteraturan itu. Jika jeda menstruasi kurang dari tiga pekan atau lebih dari tiga bulan, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter. Stres, penyakit menular seksual, penyakit kronis, olahraga berlebihan, penurunan berat badan, kurang gizi, perjalanan, dan faktor lain bisa menjadi penyebabnya.

Mengapa kita perlu khawatir jika melewatkan masa menstruasi? Menurut Mehmet C.Oz,M.D, dokter terfavorit di Amerika, menumbuhkan dan meluruhkan dinding rahim secara teratur adalah hal yang penting.

"Jika dinding rahim dibiarkan tumbuh berlebihan, hal itu berisiko menimbulkan kanker rahim. Terlalu sedikit menstruasi bisa berarti tubuh Anda kekurangan estrogen, sehingga tulang-tulang Anda rentan terhadap pengeroposan. Selain kalsium, vitamin D, dan latihan beban, tulang Anda juga memerlukan estrogen untuk membangun kekuatan," terang dr. Oz dalam buku berjudul Menjadi Remaja Sehat, Panduan Anak Muda dan Orangtua untuk Kesehatan Usia Puber terbitan Mizan.

Dikatakan dokter yang menjadi host dalam acara The dr. Oz Show ini, jika hormon Anda "bertingkah tidak normal", Anda mungkin tidak mengalami ovulasi secara teratur dan mengalami perdarahan di luar menstruasi.

Kondisi ini bisa diperbaiki dengan meminta pertolongan dokter. Darah bisa berwarna lebih merah, coklat, memiliki kekentalan yang berbeda daripada saat menstruasi biasa, atau bisa juga sama dengan biasanya.

"Perdarahan sela bisa mengganggu, tetapi biasanya bukan masalah. Yang jelas, pastikan perdarahan sela ini bukan akibat dari infeksi menular seksual, seperti infeksi jamur klamidia dan sifilis, yang mungkin tidak menimbulkan gejala atau menyebabkan ketidakteraturan siklus menstruasi," tutup dr. Oz.
mjm sumber: http://health.okezone.com/read/2012/09/19/485/692299/terlalu-sedikit-haid-waspada-pengeroposan-tulang

menjelma 21 Sep, 2012


-
Source: http://www.menjelma.com/2012/09/awas-terlalu-sedikit-haid-waspada.html
--
Manage subscription | Powered by rssforward.com

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar